Aside

Pengalaman Jadi Orang Yang Kontroversial.

I am so glad that I took this picture during my Korea trip last year. I can use it now. 🙂

Jadi orang yang kalau kata orang yang merasa disakiti “Kok ngomong ngga di rem, mulut sampat (padahal jelas2 gue kan ngetweet ngga ngomong”, atau kata orang yang setuju dengan omongan gue “Ngomong apa adanya, fakta” itu susah-susah gampang lho…

Susahnya itu kita harus tahan sama hinaan haters, atau serangan tendangan tanpa bayangan dari para orang-orang yang tersakiti. Uda itu doang. Gue sih uda mempan, cukup lock ajah akun gue beberapa hari, terserah mereka mau no mention, ngejelek-jelekin gue, ngata2in gue gendut atau sampai dikatain gumpalan lemak atau gay atau banci.

Eike ngga masalah.

Ntar mereka juga nyadar kok akan kenyataan, emang diawal itu kenyataan terasa amat pahit sampai kalian in denial, tapi pelan-pelan kalian bisa melaluinya kok.

Oh terus, mereka biasa suka bilang gue kan yang punya KoreanUpdates, harusnya gue bisa jaga sikap gue. WHAT THE F*CK, buat apa lu suruh gue jadi orang lain ketika gue mau jadi diri sendiri? itu akun pribadi gue, gue ngga ngomong di KoreanUpdates kan?

Okay gue tahu klo harusnya gue beri contoh atau netral, well, again gue garis bawahi kalau gue bisa ngomong apa yang gue mau di akun gue sendiri, oh to those who said that akun pribadi itu harusnya di lock, are you an idiot? mau-mau gue dong di lock atau bisa di lihat semua orang! lu kasi gue makan? lu hidupin gue? lu kasi gue duit? lu ngga bisa dikte orang seperti itu dong.

Terus bilang gue klo ngomong ngga di rem, eits, sebelum bilang gitu, coba ngaca dulu, lu ada ngomong apa ngga tentang gue yang ngga di rem? ada kan pasti? kita impas dong? atau lu kasi self-note nih?

Gampangnya jadi orang kontroversial? Bisa ngomong apa adanya tanpa perlu hati-hati. Its me.

Tapi kadang orang yang ngga kenal gue, suka bikin judgement tentang gue yang jelas-jelas salah. Yang kenal gue pasti tahu gue orangnya kayak gimana, menurut gue sendiri yah, maaf agak muji-muji diri sendiri, gue orangnya tuh baik, pengertian, dan ngga neko-neko walau suka galau.

Jadi kalau ngga tahu tentang kehidupan gue jangan bikin cerita tentang gue yang ngga ada kebenarannya dong.

Iya gue tahu gue suka nyakitin hati orang, tapi kalau dilihat sisi positifnya, terutama masalah keuangan, gue tahu gue orangnya lebih beruntung di banding beberapa dari kalian, tapi gue juga mulai dari nol, gue usaha dari sejak kuliah buat ngebangun KoreanUpdates dan investasi-investasi lainnya dari uang hasil jualan di KUStore, thank you buat yang sudah beli produk-produk KUSTORE.

Gue juga minta maaf buat haters gue kalau kalian malah jadi merasa terhina, disakiti, atau apalah yang kalian pikirkan.

Tapi harusnya kalian merasa tertantang, bukan merasa direndahkan. Harusnya kalian jadi tambah semangat buat maju, bukannya jadi berapi-api ngehina gue. Pikiran kalian harusnya sih terbuka yah, jangan jadi makin sempit.

Intinya kembali lagi ke diri masing-masing, mau maju atau mundur, jangan maju mundur cantik. seperti itu.

Jadi selama ini, gue makin lama makin kuat menghadipi semua cobaan, 5 tahun lebih di dunia perkpoppan, gue rasa cukup bikin gue jadi kebal.

P.S: It is very easy for me to hit the block button, and I don’t give a f*ck. 🙂

Joo.

Advertisements
Aside

Introducing My Special KoreanUpdates Family Members.

Hi!

Nggak terasa kalau KoreanUpdates sudah mau berusia 5 tahun, tepatnya besok. Sebuah website yang saya bangun dengan jiwa, raga, materi dan perasaan bersama dengan team super hebat. Karena KoreanUpdates bukan hanya milik Edwin Joo, tapi milik team dibalik semua hal di KoreanUpdates, team yang saya bentuk dengan peraturan yang ketat dan sulit, tapi menghasilkan individu yang berkompeten dan sorry to say: Berguna.

Sekarang saya mau memperkenalkan mereka satu persatu, hmmm, lebih kepada what I think about them mungkin yah.

Let’s start with the Editor-in-Chief…

Zest, atau Maria, atau Christina, atau Zestao. Yah namanya memang banyak, tapi Zest (seperti yang sering saya panggil dia) ini merupakan team leader yang selalu mendengarkan pendapat, lebih banyak menanyakan pendapat sebelum mengambil keputusan, padahal saya sudah bilang “Terserah kamu mau gimana, asal nggak buat nama KoreanUpdates jadi jelek, nggak masalah, any projects, just do it!”. Dia benar-benar one of a kind, so glad that I recruited her personally. She is a hard working woman with an optimist mindset. You really need an optimist leader. She is the right person at the right job. Beneran perusahaan manapun harus mempekerjakan Zest, she is a gem in this team. Thank you for these years, although i like to get angry, but you always put yourself at my level, and know me the best.

And next is KoreanUpdates’ very first Creative Designer…

Van-van, Van, Vanessa. Dia anak kuliah di UMN. Jelas dong dia pasti jago dimana? Yeah, dia adalah orang pertama di KoreanUpdates yang jago design2 poster di KoreanUpdates, atau bikin video-video di KoreanUpdates. Vanessa ini suka sama Infinite, sama seperti saya. Tapi dia ini orangnya pendiam, lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, dia selalu bekerja dalam diamnya. Tsah. Dia selalu tidak menolak kerjaan. Dia adalah orang penting di KoreanUpdates! Magazine, tanpa dia tidak ada KoreanUpdates! Magazine, karena dia orang yang mendesign isinya. Walau saya sempat bilang mau belajar, tapi tidak sanggup saya. Mungkin Vanessa bisa dibilang satu-satunya dari anggota team special saya yang saya kenalkan ke relasi bisnis saya untuk urusan Layout, sebut saja Layout Simple Thinking About Blood Type 1, dia adalah Layouternya, Lalu Curhat Admin juga sebagai penulis dan Layouter.. Keren kan? So she is another gem. Thank you for being part of KoreanUpdates, I hope you can learn as many trick as possible while in KU.

Another awesome person….

Rizka. She is crazy about Suho. She is really a mood booster in the team. She is very energetic and bright person. She really makes you comfortable, she is just such a good friend to us. Rizka kalau di KU multi-tasking, dia urus beberapa hal termasuk tanggungjawabnya di bidang promosi (tapi sekarang dia cuti karena mau kuliah bentar di Korea). Rizka ini penyemangat di KoreanUpdates. Having her in the team is the right decision. Hardworking. She is just another gem in KU. Thank you and hwaitting! Finally you can go to Korea!! YAY!

Next…

Masajeng, ajeng besar. Yes we have two person with the same name. She is taller than another ajeng. Hmmm… Saya jarang berinteraksi dengan Masajeng, karena Ajeng besar ini bekerjanya dibawah Zest, yang recruit Zest, jadi bener-bener kurang mengenal ajeng deh. Tapi yang saya tau Ajeng ini di recruit untuk KU Magazine, tapi sekarang di website juga. Dia selalu datang dengan pertanyaan2 yang menurut saya cukup konyol, tapi beneran nanya gituh. Dia semangat dalam bekerja, selalu nyatet, makany dia notulen di KoreanUpdates… She is another gem we found. Thank you uda sabar sama saya yang bawel dan demanding.

Lalu Ajeng Kecil.

Bernadette (ga tau bener ga spellingnya) Ajeng, atau Ajeng Kecil. Dia sekarang sibuk part-time di Starbucks PIM, jadi dia ga bisa luangin waktu buat KU lagi, tapi dia masih bagian dari Team kita. Kenapa sih? Saya percaya someday she will comeback. Dia juga di recruit oleh Rizka dan Zest untuk membantu mengisi artikel di KU Magazine, Ajeng itu temannya Rizka. Tapi saya menerima dia bukan karena Ajeng itu teman Rizka, dia juga harus bertanggungjawab atas tugasnya, itu saja, kalau kerja asal-asalan demi liputan sih pasti tidak akan saya terima. Jadi she is another gem in KU. Thank you. and Semangat kerjanya!

Nonie atau Karina. Dia ini juga jarang berbicara sih, tapi dia selalu ada untuk kita. Tsah. Lagi-lagi Nonie hadir untuk mengisi artikel di KU Magazine dan di website. Lagi-lagi Zest menemukan orang yang tepat untuk di KU. Sekarang Nonie sibuk kerja di sebuah bank multinasional di kawasan SCBD. Jadi dia harusnya sudah tidak waktu untuk kita, tapi again, dia selalu ada untuk kita. She is an amazing person, but she need to be energized more… Jangan lemas gitu dong… Tapi mau gimanapun, she is just another gem in KU. Thank You!!

Ashya. Dia ini pertama direcruit untuk updates status KoreanUpdates di Facebook. Lama kelamaan, sepertinya tidak perlu lagi, jadi dia sekarang selalu mendapingi temannya bernama Zest/Maria. Ashya ini orangnya kalau galau yah jadi galau, apalagi pas Kris keluar dari EXO, walau kita makan ayam di Bonchon sampai Rp. 1 juta, tetap masih galau. Dia adalah gemnya Zest dan KU. Thanks for being part of us.

Lamir. Angela Miranti. Dia ini anak UMN! Our newest addition to the team, she is also our Creative designer. Bener-bener nggak nyangka kalau Lamir mau menerima tawaran saya buat gabung di KoreanUpdates dan langsung di hadapkan dengan project-project di KoreanUpdates tanpa mengeluh, walau dia sibuk sama kerjaannya di sebuah perusahaan chatting platform apps asal Korea. You know what, sekarang mungkin dari menjadi teman baiknya Vanessa, secara mereka ternyata seangkatan dong. Kita masih punya project keren untuk KoreanUpdates kedepannya. Dan bener-bener Lamir adalah gem yang lagi diasah di KU. Thanks uda mau di KU yah…

Yup. All of you are the gems in KU. seperti batu akik yah. tapi beneran deh, kalian itu adalah team terbaik KoreanUpdates. Cuma di KoreanUpdates yang mau liputan ajah dorong-dorongan, pada maksa Vanessa liputan terus. kan nanti Vanessa lelah. Yuk Besok kita makan enak! Koko traktir!

Happy Birthday KoreanUpdates! Kau yang berasal dari bintang… Yang menyinari hidup kita. Hoek.

Salam hangat didalam selimut.

Edwin Joo.

Founder of KoreanUpdates.com